Kamis, 05 Februari 2009

Kapolri Turunkan Irwasum Selidiki Demo Medan

Jakarta (SIB)

Kapolri Jenderal Pol Bambang Hendarso Danuri menurunkan Inspektorat Pengawasan Umum (Irwasum) Komjen Pol Jusuf Manggabarani untuk menyelidiki peristiwa di Gedung DPRD Sumatera Utara yang berujung pada meninggalnya Aziz Angkat. Tujuan utama ialah memeriksa Kapoltabes Medan Kombes Pol Aton Suhartono.

”Pukul 06.00 Wib pagi, Irwasum sudah berangkat ke sana (Medan, red) untuk mengecek kesiapan mengantisipasi kejadian dan prosedur pengamanan,” ujarnya usai melantik para pejabat di jajaran Polri, di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (4/2).Menurunkan Irwasum, kata dia, penting untuk mengetahui apakah Kepolisian di Sumatera Utara dan Medan sudah melaksanakan protap (prosedur tetap) dalam mengamankan unjuk rasa, hingga meninggalnya Ketua DPRD Sumatera Utara Drs Abdul Aziz Angkat.

“Secara internal diperiksa untuk mendapatkan informasi yang lengkap. Ini kan masih dalam proses, kita tunggu laporan dari Irwasum,” tegasnya.Seperti diketahui, unjuk rasa yang menuntut pembentukan provinsi Tapanuli, berlangsung anarkis dan merusak gedung DPRD Sumut hingga meninggalnya ketua DPRD Sumut Abdul Azis Angkat.IRWASUM MABES POLRI TIBA DI MEDANInspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Mabes Polri, Komjen Pol Jusuf Manggabarani dilaporkan telah tiba di Medan untuk memeriksa jajaran Poltabes Medan terkait aksi unjuk rasa anarkis para pendukung Provinsi Tapanuli (Protap) di gedung DPRD Sumut, Selasa (3/2).Manggabarani terbang dari Jakarta dengan menumpang pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 394 dan tiba di Bandara Polonia Medan, Rabu, sekitar pukul 10.30 WIB.

Dia juga sempat melakukan pertemuan dengan sejumlah pimpinan di jajaran Polda Sumut, diantaranya dengan Wakapolda Sumut, Djoko Trisno Santoso dengan mengambil tempat di salah satu ruangan VIP Bandara Polonia.Informasi yang diperoleh menyebutkan, dalam pertemuan itu Manggabarani mendengarkan laporan secara langsung kronologis aksi unjuk rasa para pendukung Protap yang menyebabkan meninggalnya Ketua DPRD Sumut, H Abdul Aziz Angkat, terutama terkait keberadaan personil kepolisian pada saat kejadian.Usai melakukan pertemuan dengan pimpinan jajaran Polda Sumut, Irwasum Mabes Polri yang mengenakan pakaian sipil itu tidak memberikan komentar kepada wartawan yang telah menantinya.

Dia langsung menuju pintu keluar ruang VIP Bandara Polonia dan menaiki mobil yang telah disiapkan sebelumnya dengan pengawalan menuju Poltabes Medan di Jalan HM Said. (Jos/Ant/u)

Kunjungi www.cibercentra.com Layanan iklan dan lelang online gratis!!

Tidak ada komentar: