Selasa, 24 Februari 2009

Deposit Batubara Kabupaten Bungo Terbesar di Jambi

Kabupaten Bungo memiliki kandungan batubara terbesar di Provinsi Jambi dibanding enam kabupaten lainnya yang juga memiliki potensi yang sama, kata Kepala Dinas Pertambangan Provinsi Jambi, Irmansyah Herman di Jambi, Senin.

Hasil penelitian di Kabupaten Bungo, 280 km dari Kota Jambi, deposit batubara diperkirakan berada di areal seluas 120.000 ha, terbanyak dibanding enam kabupaten lainnya.
Enam kabupaten lainnya yang menyimpan kandungan batubara, Sarolangun dengan kandungan batubara 94.121 ha, Batanghari (89.315 ha), Tebo (61.229 ha), Merangin (16.577), Muarojambi (16.000 ha), dan Tanjung Jabung Barat sebanayak 13.281 ha.

Dari tujuh kabupaten yang memiliki kandungan batubara itu, empat di antaranya sudah dieksploitasi yakni Bungo, Batanghari, Sarolangun dan Tebo oleh investor baik dalam dan luar negeri.

Batubara merupakan petensi sektor pertambangan yang menjadi andalan pemerintah Provinsi Jambi dalam peningkatan pembangunan di segala bidang.
Dalam keterangan terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jambi, Wirya Murad mengatakan untuk mendukung pemerintah dalam menjaring investor pertambangan batubara, akan menyiapkan berbagai sarana dan prasarana terutama transportasi yang murah dan nyaman.

Sarana dan prasarana yang disiapkan itu di antaranya dermaga dan lapangan penumpukan batubara, serta perbaikan alur sungai yang akan dijadikan sarana angkutan.
Selain itu juga disiapkan ponton multi fungsi untuk sarana angkutan yang bisa dibongkar pasang seperti gerbong kereta api, supaya dapat berlayar atau melintasi alur dangkal dan tikungan sungai.(ANT)
Sumber : kompas

Tidak ada komentar: