Selasa, 09 Desember 2008

Welcome to the New Wave Marketing! - end

PEMBACA KOMPAS.com sekalian, inilah tulisan keseratus atau tulisan terakhir saya di rubrik New Wave Marketing ini. Selama 100 hari berturut-turut sejak hari Sabtu tanggal 30 Agustus 2008 saya telah mengajak Anda semua untuk sama-sama berpetualang ke era baru pemasaran ini.

Saya memang melihat bahwa perkembangan Internet dengan Web 2.0 dan Social Networking-nya serta perkembangan mobile technology bukan hanya akan mengubah lanskap dunia bisnis dan pemasaran, namun juga akan mengubah perilaku masyarakat secara keseluruhan. Jangan salah, walaupun hampir semua contoh yang saya berikan berasal dari luar Indonesia, namun praktik New Wave Marketing ini bukan hanya terjadi di negara-negara maju. Dengan kemajuan teknologi, apa-apa yang terjadi di negara-negara tersebut bisa dengan cepat masuk ke Indonesia.

Coba, siapa yang mengira sepuluh tahun lalu bahwa telepon seluler akan menjadi produk massal yang dimiliki hampir semua orang dari berbagai kalangan di Indonesia? Siapa pula yang bisa memprediksi lima tahun lalu bahwa akan ada situs yang bernama Facebook, yang membuat kita bisa menjalin kontak kembali dengan kawan kita yang sudah tidak bertemu selama belasan tahun?

Karena itulah, pemasar yang baik selalu bersikap antisipatif dan proaktif, bukan pasif menunggu. Seperti yang dikatakan begawan manajemen dunia, Peter Drucker, “Predictions? No. These are the implications of a future that has already happened.”

Lalu, saya juga sadar bahwa pembaca Kompas ini sangat beragam; tidak semuanya paham istilah-istilah atau konsep pemasaran. Karena itu, saya selalu berupaya menyajikannya seringan mungkin namun tetap berbobot dengan menyajikan berbagai ilustrasi di sana-sini. Kalau Anda perhatikan, selain contoh-contoh perusahaan, saya juga sering menggunakan ilustrasi dari musik atau film. Bagi saya, musik, film, dan pemasaran memang punya benang merah yang sama, yaitu ketiganya sama-sama mengandalkan kreativitas.

Sekarang memang era kreativitas, bukan lagi sekadar pengetahuan. Tiga M inilah—music, movie, marketing—yang bisa jadi andalan kita sebagai bangsa untuk bersaing di percaturan global.

Seratus tulisan di KOMPAS.com ini juga menjadi semacam prolog untuk acara MarkPlus Conference 2009 yang akan digelar besok selama 14 jam penuh mulai pukul 07.30 WIB sampai 21.30 WIB. Di situlah bisa dilihat bagaimana praktik New Wave Marketing ini di Indonesia. Sejumlah panelis yang pakar di bidangnya masing-masing akan membahas berbagai aspek dari New Wave Marketing; mulai dari Mobile New Wave, Experiential New Wave, sampai Social New Wave.

Selain itu, besok ada pandangan para praktisi terhadap prospek pasar Indonesia di tahun 2009, yang tentu akan sangat bermanfaat bagi para pemasar. Nanti akan ada perwakilan dari berbagai institusi dan asosiasi seperti Bursa Efek Indonesia, Perbanas, Gaikindo, EMC, ATSI, GAPPRI, GAPMMI, APRINDO, dan REI. Bukan hanya seminar. Kalau mau memperpanjang SIM/STNK, Anda juga dapat melakukannya di kounter Polda Metro Jaya di sana. Ada juga penampilan band dari KFC. Tak lupa dari KOMPAS.com akan memperkenalkan Kompas Entertainment.

Saya sendiri akan menyajikan presentasi yang berjudul “Marketing in Indonesia 2009 - Riding the New Wave: Are You Ready to Take-Off?”. Berbagai pertanyaan yang mungkin timbul sewaktu Anda membaca seratus tulisan saya mudah-mudahan bisa terjawab pada acara tersebut.

Sebagai penutup, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada sejumlah pihak atas terselenggaranya rubrik New Wave Marketing selama seratus hari berturut-turut di harian Kompas dan KOMPAS.com. Pertama kepada Pak Agung Adiprasetyo, CEO Kelompok Kompas Gramedia. Juga kepada Pak Taufik H. Mihardja selaku Executive Director KOMPAS.com, Pak Lukas Widjaja selaku Business Director Harian Kompas, dan Pak Edi Taslim selaku Business General Manager KOMPAS.com. Juga kepada rekan-rekan lainnya di Kompas dan KOMPAS.com yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu.

Terima kasih pula saya ucapkan kepada tim saya di MarkPlus, Inc yang telah membantu merumuskan dan memperkaya konsep New Wave Marketing ini. Dan terakhir tentunya saya ucapkan terima kasih kepada pembaca setia rubrik ini, terutama yang telah memberikan masukan-masukan, baik itu lewat kolom komentar, e-mail, SMS atau dalam kesempatan bertatap muka secara langsung; salah satunya dari komunitas Forum Pembaca Kompas.

Semoga pemikiran saya ini bisa memberikan inspirasi bagi Anda semua untuk menghadapi berbagai tantangan di lanskap New Wave yang seperti galaksi tanpa batas. Sekali lagi, terima kasih. Saya tunggu kehadiran Anda besok di acara MarkPlus Conference 2009 di Pacific Place, The Ritz-Carlton Jakarta!


Hermawan Kartajaya

Tidak ada komentar: