Rabu, 03 Desember 2008

China dan AS Mulai Bicarakan Masalah Ekonomi

BEIJING, KAMIS - Dialog ekonomi strategis (SED) ke-5 China-Amerika Serikat berlangsung di Diaoyutai State Guesthouse, Beijing pada 4-12 Desember 2008 untuk membahas berbagai masalah bilateral ekonomi kedua negara.

Wartawan Antara, di Beijing, Kamis (4/12), melaporkan sejumlah isu mengenai perkembangan ekonomi kedua negara yang selama ini terjadi antara China-AS akan dibahas oleh masing-masing pejabat dari kedua negara.

Jadwal yang dikeluarkan oleh Kementerian Luar Negeri China menyebutkan bahwa acara pembukaan SED ke-5 China-AS akan dimulai Kamis pagi (4/12) di salah satu ruangan pertemuan besar di Diaoyutai yang selama ini selalu menjadi tempat pertemuan tingkat tinggi.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Qin Gang sebelumnya mengatakan bahwa Wakil PM China Wang Qishan dan Menteri Keuangan AS Henry Paulson masing-masing akan menjadi pimpinan delegasi kedua negara dalam pertemuan itu.

Dialog yang kali ini mengambil tema "Menerapkan pondasi jangka panjang bagi kemitraan ekonomi China-AS" akan membahas sejumlah topik, antara lain risiko pengelolaan ekonomi makro serta mempromosikan keseimbangan perkembangan ekonomi.

Selain itu, dialog juga akan memperkuat kerja sama energi dan lingkungan hidup, juga tantangan perdagangan kedua negara, mempromosikan suatu kerja sama ekonomi investasi serta ekonomi internasional.

Mekanisme dialog SED digagas oleh Presiden China Hu Jintao dan Presiden AS George W. Bush pada 2006. Dialog yang berlangsung dua kali setahun itu secara bergantian di China dan AS telah menjadi suatu sarana penting bagi pemimpin ekonomi kedua negara dalam meningkatkan dan memperdalam pertukaran pandangan kerjasama ekonomi dan perdagangan.

Tidak ada komentar: