Kamis, 15 Januari 2009

Obama, The First Wired President

Jumat, 16 Januari 2009 04:40 WIB

SEJAK belum dikenal banyak orang hingga menjadi presiden terpilih Amerika Serikat, Barack Obama telah menggunakan internet untuk berkomunikasi secara langsung dengan warga Amerika.

Tentu saja situs-situs sinergi yang dapat digunakan secara interaktif selama kampanye berkat tim website Obama dapat membantu warga AMerika untuk memberikan banyak masukan bagi presiden barunya. Obama sendiri dapat dikatakan telah memotong jalur komunikasi, tidak seperti yang terjadi pada media tradisional.

"Inilah saatnya demokrasi kembali bangkitnya," ujar Andrew Rasiej, pendiri Forum Demokrat dan Blog techPresident. "(Obama) berpontesi besar mentransformasikan hubungan antara warga Amerika dan kehidupan demokrasi."

Selama Obama kampanye setidaknya beberapa situs jaringan patut diberi penghargaan seperti Facebook, MySpace dan MyBarackObama.com. Situs-situs menyampaikan agenda kegiatan, penggalangan dana, dan reli relawan. Facebook sendiri telah memiliki lebih dari 150 juta pengguna aktif dan rata-rata pengguna memiliki teman 100 dalam situs ini.

Obama memiliki lebih dari 1 juta teman di Myspace dan lebih dari 3,7 juta pendukung di halaman Facebook-nya--700.000 lebih saat dia dipilih di Bulan November. Sekitar 13 juta pendukung masuk dalam database beserta emailnya.

"Obama telah menemukan sebuah model media alternatif,' ujar analis politik senior CNN Bill Schneider. "Jaman dulu presiden bicara pada rakyat lewat televisi dan rakyat menjawabnya dalam bentuk poling. Jaman sekarang, komunikasi berlangsung online dan dua arah."

Facebook, MySpece, YouTube dan Twitter belum ada di jaman George W Bush mulai memimpin delapan tahun lalu. Namun, sejak pemilihan akhir November lalu, Obama tidak membuang waktu menggunakan komunikasi online ini. Pekan terakhir, dia juga merekam sambutannya dalam sebuah video dan menayangkannya di YouTube, sehingga ratusan juta kali dapat dilihat.

ABD
sumber : CNN


www.cibercentra.com
Layanan iklan, lelang dan promosi online gratiss!!

Tidak ada komentar: