Rabu, 15 Oktober 2008

Presiden Minta Daerah Siapkan Rencana Cadangan

Laporan wartawan Kompas Suhartono

JAKARTA, RABU - Karena krisis keuangan global masih berlangsung, maka Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Rabu (15/10) siang, meminta agar setiap daerah mempersiapkan langkah darurat untuk mengantisipasi krisis lebih lanjut. Demikian disampaikan Presiden Yudhoyono, saat memberikan pidato pengantar, saat mengumpulkan seluruh Gubernur se-Indonesia, di Gedung Utama, Sekretariat Negara, Jakarta, Rabu (15/10) siang.

Dalam acara itu, hadir pula Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla, Gubernur Bank Indonesia (BI), seluruh menteri Kabinet Indonesia Bersatu dan Gubernur Daerah se-Indonesia serta pengamat ekonomi dan kalangan dunia usaha. "Krisis masih beberapa saat lagi, oleh sebab itu siapkan kontijensi untuk mengantisipasinya. Karena bisa saja ada risiko yang bisa terjadi," tandas Presiden Yudhoyono.

Menurut Presiden, Gubernur Daerah jangan ragu-ragu dan gamang meghadapi krisis yang tengah berlangsung ini. "Negara-negara lain, tentunya sama dengan kita tengah menghadapinya. Kepanikan bisa dicegah dengan saling melihat dan menjaga agar tidak terjadi krisis," lanjut Presiden.

Tidak ada komentar: