Selasa, 14 Oktober 2008

The Fed: AS Masuk dalam Krisis

WASHINGTON, SELASA — Pemimpin cabang Federal Reserve San Fransisco, Janet Yellen, menyatakan, perekonomian Amerika Serikat sudah masuk ke dalam resesi.

"Data ekonomi saat ini menunjukkan bahwa perekonomian melemah dari perkiraan di kuartal ketiga, kemungkinan yang menunjukkan secara mendasar tidak ada pertumbuhan di semua sektor," kata Yellen dalam pidatonya di Palo Alto, California, Selasa (14/10) waktu setempat, seperti dilansir AFP.

Menurutnya, pertumbuhan pada kuartal keempat tampaknya selemah seperti kuartal ketiga. "Sesungguhnya, perekonomian AS tampaknya memasuki resesi," ujarnya.

Sementara itu, mantan Ketua The Fed Paul Volcker menyatakan, AS dan Eropa menghadapi multiresesi, seiring produksi industri dan permintaan konsumen yang terkena dampak krisis finansial global.

"Saya sudah melihat begitu banyak krisis, tetapi belum pernah melihat yang seperti ini. Saya kira kita sektor riil tidak akan lolos dari kerusakan ini. Kita hampir dipastikan menghadapi multikrisis," tutur Volcker di Singapura.

Volcker menambahkan, suntikan dana ratusan miliar dollar AS oleh Eropa dan AS ke sektor perbankan bisa meningkatkan kepercayaan.




EDJ
Sumber : AP

Tidak ada komentar: