Senin, 23 Maret 2009

PLTU 10.000 MW Akan Berjalan Tanpa Masalah

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah memastikan proyek pembangunan sejumlah pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) sebesar 10.000 megawatt akan berjalan tanpa masalah menyusul kunjungan pemerintah ke China minggu lalu.

Hal tersebut disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di sela seminar East Asia's Response to The Global Economic Crisis, di Hotel Four Season, Jakarta, Senin (23/3).

"Kita dengan China sudah bicara. Salah satunya mengenai proyek 10.000 megawatt. Kita ingin supaya pelaksanaan 10.000 megawatt yang sudah ditetapkan pemerintah bisa berjalan tanpa ada masalah lebih dalam lagi, baik itu dari masalah financing maupun masalah-masalah teknis lainnya. Itu sudah dilakukan," ujarnya.

Menkeu mengakui, sekitar 90 persen dana untuk pelaksanaan proyek 10.000 megawatt sangat ditentukan oleh capital dari China. "Sekitar 90 persen capital dari China, karena barang-barang modalnya berasal China. Dan mayoritas kontraktornya bekerja sama dengan kontraktor Indonesia," ujarnya.

Menkeu menuturkan, dalam pertemuan dengan China dibahas mengenai perkuatan dan realisasi kemitraan strategis yang telah ditandatangani tahun 2005. "Yang dibicarakan adalah apa-apa yang perlu dilakukan kedua negara agar strategic partnership bisa terealisasi," ujarnya.

Selain masalah pembangkit 10.000 megawatt, isu yang dibahas adalah pembelian pesawat Merpati dari Xian Aircraft. Di mana pembahasan dilakukan oleh kedua pihak tanpa menimbulkan permasalahan baik di perusahaan maupun government to government.

"Masalah pembelian pesawat Merpati, itu sudah dibahas. Dengan good intension mereka, bersama-sama akan menyelesaikan," tuturnya.ANI

Sumber kompas.com

Kunjungi www.cibercentra.com untuk iklan dan promosi online gratis!!

Tidak ada komentar: