Minggu, 26 April 2009

Volume Transaksi Kartu Kredit Capai Rp 10 Triliun

DEPOK, KOMPAS.com — Hingga akhir tahun 2008 jumlah kartu kredit yang diterbitkan 20 bank di Indonesia mencapai sekitar 11 juta kartu dengan angka pertumbuhan lebih dari 200.000 kartu tiap bulannya.

Hal tersebut disampaikan Ketua Asosiasi Kartu Kredit Indonesia Dodit W Probojakti di sela Kampanye Edukasi Kartu Pembayaran di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Depok, Senin (27/4)."Dalam empat tahun terakhir pertumbuhan kartu kredit sangat signifikan, terutama dari tahun 2007 ke tahun 2008," kata Dodit.Ia melanjutkan, volume transaksi kartu kredit mencapai Rp 10 triliun setiap bulannya, sedangkan pemegang kartu ATM yang sekaligus berfungsi sebagai kartu debit saat ini mencapai 40 juta orang.

"Tingginya pertumbuhan kartu kredit karena semakin banyak masyarakat yang kian menyadari manfaatnya," ujarnya.Lebih jauh Dodit memaparkan sejumlah manfaat kartu pembayaran, antara lain untuk kenyamanan bertransaksi. "Bisa dilakukan di mana saja dan nyaman. Nyaman itu harganya mahal," tuturnya. Lalu untuk keamanan bertransaksi dan untuk situasi darurat. "Ini untuk berjaga-jaga kalau ada yang masuk rumah sakit," ujarnya. Kemudian, berlaku universal, proteksi atau asuransi pembelanjaan, dan adanya tambahan manfaat, seperi diskon.

Kalau kita belanja saja sudah diskon, terus kalau pakai kartu kredit bisa ditambah lagi diskonnya," tutur Dodit. Manfaat lainnya fleksibilitas dan membantu mengatur budget.Selain itu, Dodit menambahkan, dengan kartu pembayaran juga dapat digunakan untuk bertransaksi di dunia maya, seperti pembelian on line. ANI

Sumber: kompas.com

Kunjungi www.cibercentra.com Layanan iklan dan promosi online gratis!

Tidak ada komentar: